Thursday, November 17, 2011

SUBSTITUSI RANTAI ORI HONDA TIGER

Tidak ada yang ragu akan kualiatas sparepart orisinal….dijamin lebih awet dibanding dengan nomor dua tentunya. Hal ini tidak masalah kalau sampeyan punya duit berlebih. Tapi kadangkala ada beberapa harga suku cadang yang bikin puyeng ketika kita harus mengganti dengan yang baru. Contohnya rantai Honda Tiger……….
Motor 200cc keluaran Honda ini sudah terkenal akan mahalnya sparepart khususnya rantai satu set yang hampir menembus 700ribu rupiah. Seperti yang diungkapkan oleh Hendar, teman kantor penyemplak simacan keluaran 2004, doi pernah mengalami rantai los alias copot dari gear belakang saking kendornya.  Itu salah doi sendiri karena sinyal rantai udah waktunya ganti dicuekin. Bukannya tanpa alasan, banyaknya kebutuhanlah memaksa doi urung beli rantai baru. Namun situasi memaksa Hendar mampir ke bengkel Effendi motor Depok…..minta diakalin dengan cara memotong satu mata rantai supaya kendor berkurang. Sebelum hal itu dilakukan, siengkoh menyarankan kenapa tidak mencoba rantai alternatif ..?? bisa keluaran dari aspira atau Indopart. Dua-duanya bisa ditebus dengan harga sangat terjangkau yaitu 150ribu rupiah. Harga tersebut telah mendapatkan rantai, sproket belakang dan depan komplit satu set. Ya udah tanpa pikir panjang ditebus tuh sirantai…harga yang lebih murah 4 kali lipatnya. Syukur-syukur bisa tahan sampai satu tahun kalau nggak ya tidak apa-apa, pikir doi…..
Itu cerita sudah 4 tahun lalu……rantai tersebut malah diluar dugaan. Ternyata  jebule lebih awet dari originalnya yang berharga 700ribu. Udah gitu tipe rantai keluaran Indomobil ini merupakan silent type alias suara tidak berisik seperti bawaan aslinya. Berdasarkan ulasan diatas jelas durability merk keluaran pihak ketiga lebih unggul. Tercatat 2 tahun rantai AHM harus ganti dan sekarang 4 tahun Indopart baru menunjukkan keausan. Padahal route dan gaya berkendara tidak berubah. Buat bekerja Depok-Jakarta PP tiap hari. Kabar ini tentu menggembirakan buat kita para biker. So brother…jika ingin mendapatkan suku cadang murah tapi tidak murahan bisa membeli produk keluaran pihak ketiga sebagai substitusi tunggangan kesayangan kita. Namun tetap harus dipelajari mutu serta kualitas dari sparepart tersebut. Jangan sampai ingin yang murah tapi malah buang uang secara percuma karena kualitas suku cadang alternatif yang memble. Saat ini paling bagus dalam pandangan saya bisa ambil dari Indopart. Tapi semua tetap ditangan sampeyan. Semoga berguna.

0 comments:

Post a Comment

AFFILLIATE

Program Affiliate Indowebmaker