Friday, November 11, 2011

SARUNG TANGAN BIKER

   
Dalam dunia biker, pakai sarung tangan tentu sudah bukan hal yang asing lagi. Pasalnya perangkat yang satu ini, masuk dalam safety stuff. Populasi pengendara motor yang semakin meningkat dan enggak hanya didominasi kaum Adam, membuat banyak sarung tangan tercipta dari beragam bahan.
Namun demikian kalau dilihat dari modelnya, hanya ada dua saja. Pertama yang model tertutup sampai ujung jari (full glove) dan yang ke berikutnya, model yang jarinya hanya tertutup setengah (half glove).

Sarung Tangan“Secara fungsi dasar, sarung tangan yang penuh maupun separuh dipakai untuk melindungi tangan saat berkendara dengan motor. Selain itu juga untuk menyerap keringat pada telapak tangan, sehingga tidak licin saat menggenggam hand grip,” tutur Joel D. Mastana, salah satu pengamat safety riding nasional.

Walau secara fungsi sama, namun dengan model berbeda pasti ada plus minusnya. Mau tahu? Simak yang berikut.

Pilih Sarung Tangan
Baik pakai yang full atau half, punya kelebihan dan kekurangan. Namun demikian, buat cara memilih sarung tangan dua model tersebut punya treatment yang sama.

Mau tahu? Pastikan bagian telapak tangan terbuat dari bahan yang lebih tipis dari pada punggung tangan. “Itu agar pengendara tetap bisa merasakan kontur dari handgrip yang dipakai. Bila terlalu tebal, selain enggak bisa merasakan handgrip, juga membuat genggaman enggak pas,” ungkap Joel D. Mastana.

Fitur Sarung Tangan
Enggak hanya motor ada fitur tambahannya, pada perangkat safety gear seperti satung tangan juga terdapat fitur tambahan. Enggak percaya? lihat saja pada bagian punggung tangan.

Pas pada bagian tersebut biasnya ada spon tipis yang dipakai sebagai pelindung. Hal yang sama juga ada pada bagian pangkal jari. Disini biasanya bahan plastik keras dipakai sebagai pelingdung dari benturan.

Sama seperti bagian pangkal jari, di ruas-ruas jari pada full glove juga ada pelindung dengan bahan plastik keras.

Half Glove
Melihat dari fisiknya saja bisa disimpulkan, dengan menggunakan sarung tangan model ini setengah jari-jari tangan bagian atas tidak terlindungi. Jadi hawa panas dan udara dingin langsung bisa dirasakan.

“Meski bukan bagian yang fatal seperti bagian telapak tangan, namun saat jatuh kemungkinan besar bagian tersebut akan beradu dengan aspal jalan raya,” kata Joel D. Mastana

Namun pakai half glove ada keuntungannya lo. Genggaman tangan pada handgrip dapat lebih dirasakan. Selain itu, dengan mengunakan sarung tangan model ini, aktivitas merogoh kantong enggak terganggu. Kan jari-jari bagian atas besarnya enggak nambah.

Full Glove
Dengan menggunakan sarung tangan model yang satu ini, jari-jari tangan sudah dipastikan terlindungi. Baik itu dari udara dingin ataupun percikan-percikan kerikil yang mungkin bertebaran di jalan raya. “Selain itu, bila sampai terjatuh dari motor bagaimanapun posisinya seluruh permukaan tangan terlindungi,” ucap pria ramah ini.

Itu bila berbicara dari sisi kelebihan pakai full glove. Kekurangannya tentu juga ada, misalnya saja saat sudah terpakai biker bakal kesulitan merogoh kantong buat ambil duit receh, atau karcis pakir.

Hal tersebut dikarenakan size telapak tangan dan jari-jari biker jadi lebih gede dengan ketambahan sarung tangan. (sumber : motorplus-online)

0 comments:

Post a Comment

AFFILLIATE

Program Affiliate Indowebmaker