Monday, November 21, 2011

PERBANDINGAN HELM PREMIUM



10 variable untuk mengetahui kwalitas helm yang baik di indonesia
helm premium atau lebih dikenal dengan helm impor non SNI tapi DOT/SNELL :coo: boleh dibilang kwalitasnya melebihi standar SNI. Tetapi masalahnya kita jangan serta merta menganggap semua helm terkenal – branded itu memiliki Value for money yang baik. Pasalnya tidak jarang helm tersebut dibandrol terlalu mahal. Bagus memang, tapi belum tentu harganya pas, dan yang paling krusial sering kali helm tersebut tidak awet dengan iklim indonesia.
diluar Livery ataupun corak yang digunakan, yang patut diingat adalah banyak hal yang sering kali tidak diperhatikan oleh konsumen helm di indonesua. Nih mbah rincikan 10 kategori tersebut.
1.Kwalitas Shell 
ini faktor paling penting, pada helm kwalitas Shell helm ditentukan oleh dua faktor, yaitu “ukuran” varian lingkaran shell dan bahan pembentuk Shell tersebut. Namun bisa dibilang helm dengan sertifikat DOT/Snell nggak usah meragukanya, namun tentu ada yang terbaik diantara yang paling baik!
2.Bobot
digunakan dalam waktu lama sering kali helm yang terlalu berat membuat leher pengendara cepat pegal. maklum ukuran leher kebanyakan biker di indonesia tidak terlalu besar
3.Kenyamanan & 4 Keawetan kain pembungkus busa
helm yang baik pasti nyaman, namun sering kali semakin nyaman si helm, semakin tidak awet atau mudah kotornya kain bagian dalam helm tersebut. Pasalnya ukuran pori pori pada kain pembungkus berbanding lurus dengan keawetanya.
5. Kwalitas visor
ini yang mempengaruhi 2 faktor. Pertama adalah ketahanan visor terhadap krikil/debu. Akankah visor menjadi cepat baret atau tidak. Kedua, adalah kecepatan visor mengalami pengembunan saat dipakai diwaktu hujan
6.Suara Masuk
Helm yang baik tidak terlalu berisik dan tidak terlalu kedap. Sehingga suara dari luar tetap terdengar, namun bukan berarti saking jelasnya malah membuat pemakai helm malah mendengar “gaung” khusunya dari hembusan angin!
7.Ventilasi
Helm tentu memiliki ventilas, namun apakah ventilasi tersebut bekerja maksimal saat diperlukan atau tidak, atau justru hanya sekedar hiasan, itu lain soal.
8.Finishing
bagi penggemar helm bercorak, kerapihan helm jadi faktor utama, apakah banyak lecet atau livery yang terpasang dengan tidak baik ataupun pernis yang bleberan bisa menjadi faktor yang krusial!
9.Aerodinamis
helm saat ini tidak lagi berbentuk bulat atau seperti bola yang dibelah. namun bisa berbentuk semi oval, lonjong ataupun disesuaikan, tetapi ini berguna saat digunakan di kecepatan tinggi. Konon helm yang aerodinamisnya jelek justru akan membabkan otot leher, karena memiliki keofisian drag yang besar!
10.Harga
harga boleh mahal atau murah, tapi disini didasari beberapa hal, yaitu kwalitas, brand dan livery!  Any Question?
sumber:indobikersmags.com

0 comments:

Post a Comment

AFFILLIATE

Program Affiliate Indowebmaker